Studi Oxford: Booster Astra Zeneca bisa bekerja melawan Omicron

Keampuhan terhadap Omicron ini diutarakan oleh perusahaan farmasi setempat pada Kamis (23/12).

Ilustrasi. Pixabay

Studi yang dilakukan di laboratorium Universitas Oxford Inggris menunjukkan, vaksin booster dosis ketiga dari Astra Zeneca mampu bekerja melawan Covid-19 varian Omicron, yang kini menyebar dengan cepat. Keampuhan terhadap Omicron ini diutarakan oleh perusahaan farmasi setempat pada Kamis (23/12).

Seperti ditulis Reuters, temuan dari penelitian ini, yang belum dipublikasikan dalam jurnal medis peer-review, sejalan dengan Pfizer-BioNTech (PFE). N), (22UAy.DE) dan Moderna (MRNA. O) yang juga menemukan bahwa booster dosis ketiga mereka mampu bekerja melawan Omicron.

Studi tentang vaksin AstraZeneca, Vaxzevria, menunjukkan, setelah tiga dosis vaksin, tingkat penetralisir terhadap Omicron secara luas mirip dengan yang terjadi terhadap varian Delta dengan suntikan setelah dua dosis.

Perusahaan yang terdaftar di London mengatakan, para peneliti di Universitas Oxford yang melakukan penelitian ini adalah ilmuwan independen dari yang bekerja pada vaksin dengan Astra Zeneca.

"Karena kami lebih memahami Omicron, kami percaya akan menemukan bahwa respons sel T memberikan perlindungan yang tahan lama terhadap penyakit parah dan rawat inap," kata Kepala R&D biofarmasi Astra Zeneca Mene Pangalos mengacu, pada komponen penting dari sistem kekebalan tubuh yang merespons untuk melawan infeksi.