Sudah 3 hari perjalanan udara di AS kacau karena Omicron dan cuaca

Secara keseluruhan, bandara AS yang paling terkena dampak adalah di Seattle, Atlanta, Los Angeles, Dallas-Fort Worth, dan JFK International.

Penumpang mengantre di Bandara Internasional John F. Kennedy selama penyebaran varian virus corona Omicron di Queens, New York City, AS, 26 Desember 2021. Foto Reuters/Jeenah Moon

Maskapai penerbangan AS membatalkan lebih dari 1.300 penerbangan pada hari Minggu (26/12) karena Covid-19. Beberapa maskapai mengurangi jumlah awak yang tersedia, sementara beberapa kapal pesiar harus membatalkan pemberhentian setelah munculnya kasus Covid-19 di atas kapal, dan membalikkan rencana ribuan wisatawan.

Maskapai penerbangan komersial telah membatalkan 1.318 penerbangan di dalam, masuk atau keluar dari Amerika Serikat pada sore hari, (26/12) menurut penghitungan di situs web pelacakan penerbangan FlightAware.com.

Setidaknya tiga kapal pesiar juga terpaksa kembali ke pelabuhan tanpa melakukan panggilan pelabuhan terjadwal setelah kasus Covid-19 terdeteksi di kapal, menurut beberapa laporan media.

Itu adalah hari ketiga berturut-turut yang menyakitkan bagi beberapa orang Amerika yang bepergian selama akhir pekan karena liburan Natal. Namun waktu puncak untuk bepergian tahun ini bertepatan dengan penyebaran varian Omicron yang cepat secara nasional.

Dr. Anthony Fauci, pejabat tinggi penyakit menular AS, memperingatkan akan meningkatnya kasus di AS dalam beberapa hari mendatang dan berpotensi akan berdampak pada penuhnya beberapa rumah sakit, terutama di wilayah-wilayah di mana proporsi individu yang tidak divaksinasi yang lebih besar."