Temuan kuno mengungkap bukti baru masa lalu Malaysia yang multikultural

Bukit Choras terletak di dekat kota kecil Yan di pantai selatan Kedah sekitar 370 km sebelah utara ibu kota, Kuala Lumpur.

Setelah para arkeolog membersihkan tumbuh-tumbuhan di puncak Bukit Choras, mereka menemukan sebuah stupa Buddha [Atas izin Nasha Rodziadi Khaw]

Hingga enam bulan yang lalu, tidak ada satu pun penduduk desa Bukit Choras, yang terletak di tengah sawah dekat bukit terjal dan subur dengan nama yang sama di barat laut Malaysia, yang menyangka bahwa mereka telah tinggal di dekat keajaiban arkeologi sepanjang hidup mereka.

Baru setelah tim yang terdiri dari 11 peneliti menebangi semak-semak lebat dan hutan sekunder dari puncak bukit, dan dengan hati-hati mengikis tanah, barulah sepotong sejarah Asia Tenggara yang hilang terungkap.

Stupa Budha berusia 1.200 tahun di Bukit Choras ditemukan Agustus lalu di Lembah Bujang Malaysia – sebuah daerah aliran sungai yang tersebar dengan beberapa kelompok situs protosejarah di negara bagian Kedah, barat laut negara itu.

Stupa ini adalah yang paling terpelihara di negara ini dan para ahli mengatakan stupa ini bisa menjadi kunci sejarah panjang multikulturalisme Malaysia.

“Situs ini adalah sebuah anomali karena berdiri sendiri,” kata Nasha Rodziadi Khaw kepada Al Jazeera. 
Nasha adalah kepala peneliti tim dari Pusat Penelitian Arkeologi Global (CGAR) Universitas Sains Malaysia di pulau barat laut Penang, yang mengawasi penggalian antara 28 Agustus dan 12 September tahun lalu.