Kenapa Tiongkok jadi negara termahal untuk membesarkan anak

Laporan tersebut memperingatkan bahwa penurunan angka kelahiran dapat berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi.

Foto: Ist

Sebuah penelitian terbaru melaporkan bahwa Tiongkok adalah salah satu negara termahal di dunia untuk membesarkan anak. Dengan dampak yang tidak proporsional terhadap perempuan, situasi ini menyebabkan tingkat kesuburan negara tersebut sangat rendah. Hal ini tentu bukan kabar baik bagi China di tengah perjuangan menghadapi krisis demografi.

Studi tersebut, yang dirilis pada hari Rabu oleh YuWa Population Research Institute yang berbasis di Tiongkok, menemukan bahwa rata-rata biaya nasional untuk membesarkan anak sejak lahir hingga usia 17 tahun adalah sekitar US$74,800 (Rp1.166 miliar) – meningkat menjadi lebih dari US$94,500 (Rp1.465 miliar) untuk membiayai seorang anak hingga mencapai gelar sarjana.

Biaya membesarkan anak hingga usia 18 tahun di Tiongkok adalah 6,3 kali lebih tinggi dibandingkan PDB per kapita negara tersebut, kata laporan tersebut – sebuah rasio kedua setelah tetangganya di Asia Timur, Korea Selatan, yang memiliki tingkat kesuburan terendah di dunia, dan biaya yang paling besar dalam membesarkan anak adalah 7,79 kali PDB per kapita.

Sebagai perbandingan, laporan tersebut menyatakan bahwa biaya di Australia hanya 2,08 kali PDB per kapita, 2,24 kali di Perancis, 4,11 kali di Amerika Serikat, dan 4,26 kali di Jepang – negara Asia Timur lainnya yang telah lama berjuang melawan populasi yang menua dengan cepat, dan penurunan angka kelahiran.

“Karena alasan-alasan seperti tingginya biaya melahirkan anak dan kesulitan bagi perempuan untuk menyeimbangkan keluarga dan pekerjaan, keinginan masyarakat Tiongkok untuk memiliki anak hampir merupakan yang terendah di dunia,” kata laporan itu.