Tokyo-Manila bicara mengenai pengerahan pasukan Jepang ke Filipina

Dia mengharapkan kedua negara untuk menyelesaikan RAA segera setelah pertemuan puncak trilateral, yang akan diadakan pada 12 April.

Helikopter China melayang di atas para ilmuwan Filipina yang sedang meneliti salah satu Kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan. Foto Philippine Coast Guard-AFP-Getty Images

Jepang, Amerika Serikat, Australia, dan Filipina akan mengadakan latihan angkatan laut bersama pada hari Minggu (7/3) di lepas pantai Pulau Palawan di Laut Cina Selatan, kata berbagai sumber pemerintah. Latihan gabungan ini di tengah tindakan agresif China yang terus berlanjut.

Ini akan menjadi latihan skala penuh pertama yang melibatkan keempat negara yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas di antara pasukan mereka, kata sumber tersebut.

Menurut South China Morning Post, latihan tersebut akan mencakup pelatihan pertempuran anti-kapal selam, latihan komunikasi, dan formasi kapal layar.

Tokyo dan Manila telah membahas pengerahan pasukan Jepang di Filipina. Kedua negara hampir mencapai kesepakatan mengenai beberapa pakta keamanan yang bertujuan untuk meningkatkan pencegahan regional terhadap China, menurut salah satu diplomat senior Filipina.

Jose Manuel Romualdez, duta besar Filipina untuk AS, mengatakan Manila dan Tokyo hampir menandatangani “perjanjian akses timbal balik” (RAA) yang juga akan memungkinkan militer mereka berlatih dan melakukan latihan di negara masing-masing.