Topan Otis seperti bom, membuat Acapulco yang indah porak-poranda

Saat topan melanda, Kapten Alejandro Cortez, 66, bercerita ia buru-buru meninggalkan kapal pesiarnya.

Warga membersihkan puing-puing kehancuran Topan Otis di Puerto Marques, Negara Bagian Guerrero, Meksiko, pada 28 Oktober 2023. Foto Rodrigo Oropeza, AFP

Acapulco, tempat wisata yang indah, pernah memikat bintang-bintang Hollywood seperti Elizabeth Taylor dan Elvis Presley, belum pernah mengalami badai Kategori 5 seperti Otis, yang menderu-deru ke darat pada Rabu pekan lalu. Angin topan membuat gedung-gedung yang dibangun selama beberapa dekade tampak seperti baru saja dibom.

Jumlah korban tewas akibat badai tersebut meningkat pada hari Minggu (29/10) setelah lima orang lagi dipastikan tewas di Coyuca de Benitez, sebelah utara kota tersebut.

Sekitar 36 orang masih hilang, kata pihak berwenang pada tengah hari disitir France24.

Penghitungan korban jiwa berjalan lambat setelah badai tersebut meruntuhkan sistem telekomunikasi, yang secara bertahap kembali normal pada akhir pekan. Namun para penyintas yang frustrasi, selama berhari-hari tidak dapat berkomunikasi dengan kelaurga untuk memberi tahu bahwa mereka aman. Mereka menuduh pihak berwenang tidak memberikan tanggapan yang memadai.

Organisasi Meteorologi Dunia menggambarkan badai ini sebagai "salah satu siklon tropis dengan intensitas paling cepat yang pernah tercatat," yang di zaman modern hanya dikalahkan oleh badai Pasifik lainnya, Patricia, pada tahun 2015.