Total korban tewas akibat coronavirus jadi 426 orang

Sementara itu, total kasus coronavirus yang diumumkan Komisi Kesehatan Nasional China per Senin (3/2) mencapai 20.438.

Petugas medis dengan pakaian pelindung mengangkat pasien dari sebuah ambulans di Chengdu, Provinsi Sichuan, China, pada Minggu (2/2). ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Komisi Kesehatan Nasional China pada Selasa (4/2) menyampaikan bahwa per Senin (3/2), korban tewas akibat wabah coronavirus jenis baru atau 2019-nCoV di negara itu menjadi 425. Filipina melaporkan kematian pertama di luar Tiongkok, membuat angka kematian global menyentuh 426.

Total kasus coronavirus yang diumumkan Komisi Kesehatan Nasional China per Senin mencapai 20.438.

Pada Senin, Gedung Putih menyatakan bahwa China telah menerima tawaran mereka untuk mengirim pakar kesehatan Amerika Serikat sebagai bagian dari misi WHO untuk mempelajari dan membantu memerangi penyebaran wabah coronavirus jenis baru.

China menuduh Negeri Paman Sam menyebarkan ketakutan dengan menjadi negara pertama yang menyerukan evakuasi warganya serta menerapkan pembatasan perjalanan yang ketat. 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menuturkan bahwa Washington secara tidak henti menyebarkan kepanikan. Dia menegaskan bahwa WHO menyarankan agar tidak ada pembatasan perdagangan dan perjalanan.