Trump ancam jatuhkan sanksi jika Irak usir pasukan AS

Ancaman Trump muncul setelah parlemen Irak merilis resolusi yang menyerukan pengusiran pasukan asing.

Warga di Ahvaz, Iran, mengikuti prosesi pemakaman Mayor Jenderal Qassem Soleimani, kepala Pasukan Quds, dan komandan milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis pada Minggu (5/1). ANTARA FOTO/Hossein Mersadi/Fars news agency/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS

Donald Trump mengancam akan menerapkan sanksi berat terhadap Irak setelah parlemen negara itu menyerukan agar pasukan asing, termasuk Amerika Serikat, angkat kaki.

"Kami punya pangkalan udara yang sangat luar biasa mahal di sana (Irak). Nilai pembangunannya miliaran dolar. Kami tidak akan pergi kecuali mereka membayar kami kembali," kata Trump.

Berbicara dari Air Force One, Trump menegaskan, jika Irak meminta pasukan AS meninggalkan negara itu dengan cara yang tidak bersahabat maka dia akan menjatuhkan sanksi yang belum pernah ada sebelumnya. "Itu bahkan akan membuat sanksi Iran terlihat tidak ada apa-apa."

Ketegangan di kawasan melonjak setelah serangan udara oleh pesawat tanpa awak AS menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani (62) di Baghdad pekan lalu. Serangan pada Jumat (3/1) berlangsung atas perintah Trump.

Trump mengklaim pembunuhan Soleimani dilakukan karena sang jenderal merencanakan serangan terhadap para diplomat dan personel militer AS di Irak dan berbagai tempat lain di kawasan.