Trump desak Eropa tampung kombatan ISIS

Trump meminta sekutu AS di Eropa untuk menampung lebih dari 800 kombatan ISIS dan mengadili mereka.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Instagram/@realdonaldtrump

Lewat serangkaian twit, Presiden Donald Trump mengatakan, negara-negara Eropa harus memulangkan dan mengadili ratusan anggota ISIS yang telah ditangkap di Suriah.

"AS meminta Inggris, Prancis, Jerman dan sejumlah sekutu Eropa untuk memulangkan lebih dari 800 anggota ISIS yang kami tangkap di Suriah dan mengadili mereka. Kekhalifahan segera runtuh. Alternatifnya tidak baik karena kita akan terpaksa melepaskan mereka," sebut Trump dalam cuitannya pada Sabtu (16/2) malam.

Dalam twit berikutnya dia menulis, "AS tidak ingin menyaksikan para anggota ISIS ini menembus Eropa, yang mana itu merupakan tujuan mereka. Kami melakukan begitu banyak dan mengeluarkan begitu banyak - Waktunya bagi yang lain untuk melangkah dan melakukan pekerjaan yang mereka mampu. Kami akan menarik kembali pasukan kami setelah 100% kemenangan atas ISIS!."

....The U.S. does not want to watch as these ISIS fighters permeate Europe, which is where they are expected to go. We do so much, and spend so much - Time for others to step up and do the job that they are so capable of doing. We are pulling back after 100% Caliphate victory! — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 17 February 2019

Pernyataan Trump tersebut muncul ketika area yang sekarang dikendalikan ISIS menyusut menjadi hanya 700 meter persegi. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang komandan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS pada Sabtu.