Trump putuskan tak ikut debat bacapres dari Partai Republik

Trump mengaku hanya melihat sedikit keuntungan jika bergabung di atas panggung untuk berdebat di Milwaukee.

Kandidat presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, berbicara kepada pendukungnya saat berkunjung ke Iowa State Fair, 12 Agustus 2023, di Des Moines, Iowa. Foto AP/Charlie Neibergall, File

Mantan Presiden Donald Trump mengonfirmasikan pada Minggu (20/8) waktu setempat, bahwa dia akan melewatkan debat utama presiden pertama dari Partai Republik pada Rabu (23/8)-dan juga debat yang lainnya.

"Publik tahu siapa saya dan betapa suksesnya kepresidenan saya," tulis Trump di situs media sosialnya. “Oleh karena itu, aku tidak akan melakukan debat!” kata Trump lagi di sosial medianya. 

Juru bicaranya tidak segera mengklarifikasi apakah dia berencana untuk memboikot setiap debat utama atau hanya yang sudah dijadwalkan.

Mantan presiden dari Partai Republik Amerika Serikat (Republican Party) yang sering disingkat GOP itu, telah mengatakan selama berbulan-bulan sebelumnya, bahwa dia hanya melihat sedikit keuntungan jika bergabung di atas panggung untuk berdebat di Milwaukee. Dan dia telah menjelaskan kepada orang-orang dalam beberapa hari terakhir ini, bahwa pendapatnya tidak berubah.

“Mengapa saya membiarkan orang memukul saya dengan pertanyaan sepanjang malam?” katanya dalam sebuah wawancara pada Juni dengan pembawa acara Fox News, Bret Baier, yang akan menjadi moderator.