Turki: 365.000 pengungsi Suriah kembali ke tanah air mereka

Presiden Erdogan menegaskan bahwa Turki akan berupaya agar lebih banyak pengungsi Suriah bisa pulang

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan saat keduanya bertemu di resor Laut Hitam di Sochi, Rusia, Selasa (22/10). ANTARA FOTO/Sergei Chirikov/Pool via REUTERS

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (10/11) mengatakan, 365.000 pengungsi telah kembali ke tanah air mereka di Suriah.

"Para pengungsi Suriah tersebut sudah pulang ke wilayah yang telah diamankan Turki melalui operasi antiterornya," kata Recep Tayyip Erdogan di Pusat Kebudayaan dan Kongres Nasional Betepe di Ankara.

Erdogan menegaskan bahwa Turki akan berupaya agar lebih banyak pengungsi Suriah bisa pulang, baik dengan menyelenggarakan pertemuan donor internasional maupun melalui beberapa proyek percontohan.

"Turki telah mengamankan satu daerah seluas lebih dari 8.100 kilometer persegi di Suriah utara bagi kepulangan mereka," sebut Erdogan. 

Dia mengatakan pengamanan itu dicapai melalui operasi militer lintas perbatasan yang dilakukan Turki di Suriah. Erdogan merujuk pada Operasi Perisai Eufrat, Cabang Zaitun dan Operasi Perdamaian Musim Semi. Dalam operasi itu, Turki melumpuhkan 3.500 anggota ISIS dan menangkap 5.500 lagi.