Turki akan kirim pasukan ke Libya

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pengiriman pasukan dilakukan atas permintaan Libya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat berbicara dalam pertemuan Partai AK di Ankara, Turki, Kamis (26/12). ANTARA FOTO/Presidential Press Office/Handout via REUTERS

Turki akan mengirim pasukan ke Libya atas permintaan Tripoli pada bulan depan. Demikian disampaikan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (26/12).

Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya yang diakui secara internasional selama ini berjuang melawan pasukan Jenderal Khalifa Haftar, yang didukung Rusia, Mesir, Uni Emirat Arab dan Yordania.

Seorang pejabat di Tripoli mengonfirmasi bahwa permintaan resmi telah dibuat atas dukungan militer Turki di udara, darat, dan laut. Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Fathi Bashagha membantah kabar tersebut.

"Karena ada undangan (dari Libya), kami akan menerimanya. Kami akan meletakkan RUU tentang pengiriman pasukan ke Libya dalam agenda segera setelah parlemen dibuka," kata Erdogan di hadapan anggota Partai Keadilan dan Pembangunan.

Erdogan memperkirakan bahwa RUU akan disahkan sekitar 8-9 Januari. Presiden Turki itu menekankan tidak akan tinggal diam atas  kenyataan bahwa tentara bayaran dari kelompok Wagner yang terkait dengan Kremlin mendukung pasukan Haftar.