Uji klinis di Brasil: Efikasi Sinovac 78%

Efikasi 78% untuk vaksin CoronaVac sudah di atas standar penggunaan darurat vaksin yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Ilustrasi. Pixabay

Brasil mengumumkan vaksin Corona buatan Sinovac Biotech 78% efektif mencegah virus Covid-19, berdasarkan uji tahap akhir pada Kamis (7/1).

Melansir dari Reuters, hasil uji klinis di Brasil itu muncul setelah para peneliti Turki mengatakan pada Desember lalu, vaksin Sinovac menunjukkan kemanjuran 90% mengacu data sementara.

Direktur Pusat Biomedis Butantan, Dimas Covas mengatakan, hasil yang lebih detail telah dikirim ke otoritas kesehatan di Brasil, Avinsa, untuk permohonan izin penggunaan darurat vaksin tersebut.

Butantan adalah pusat biomedis Brasil yang menjadi mitra riset dan produksi Sinovac di negara itu.
Meskipun efektifitas CoronaVac tidak mencapai tingkat kemanjuran vaksin Moderna atau Pfizer yang mencapai 95%, CoronaVac lebih mudah didistribusikan karena dapat disimpan pada suhu lemari es normal.

Selain itu, efikasi 78% untuk vaksin CoronaVac sudah di atas standar penggunaan darurat vaksin yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).