Uni Eropa beda pendapat soal penundaan Brexit

Sejauh ini PM Inggris Theresa May mengindikasikan tidak berniat mengajukan permintaan penundaan Brexit.

Ilustrasi / Pixabay

Uni Eropa berbeda pendapat atas berapa lama Inggris harus menunda Brexit. Beberapa negara mendorong perpanjangan waktu hingga setahun.

Menurut beberapa diplomat Uni Eropa, sejumlah negara berpendapat, Uni Eropa harus menawarkan Inggris periode yang panjang untuk menegosiasikan kesepakatan yang akan memenangkan dukungan Parlemen. Sedangkan beberapa di antara mereka menentang penundaan dalam bentuk apa pun dan ingin memberikan tekanan kepada Inggris untuk menerima kesepakatan sesegera mungkin.

Keputusan untuk meminta penundaan Brexit kepada Uni Eropa terletak di tangan Inggris, tetapi sejauh ini Perdana Menteri Theresa May mengatakan dia tidak berniat untuk melakukannya.

Tetapi pascakekalahan besar atas draf Brexit yang diajukan May pada pekan lalu serta minimnya pihak yang mendukung kesepakatan alternatif, banyak pejabat dari kedua belah pihak yang percaya bahwa menjaga Inggris tetap di Uni Eropa adalah satu-satunya jalan yang masuk akal.

PM May dijadwalkan untuk menetapkan langkah berikutnya di Parlemen pada Senin (21/1). Jika dia memang mengajukan permintaan perpanjangan, persetujuan harus mendapat suara bulat dari 27 negara anggota Uni Eropa lainnya.