Utusan China ingin Hong Kong kembali ke jalan yang benar

Selama lebih dari enam bulan terakhir, Hong Kong diwarnai protes antipemerintah.

Pengunjuk rasa antipemerintah saat beraksi pada Malam Tahun Baru. Mereka menuntut pemerintahan yang lebih baik dan reformasi demokratis di Hong Kong, China, Rabu (1/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Navesh Chitrakar

Kepala baru dari Kantor Penghubung China di Hong Kong Luo Huining pada Senin (6/1) mengatakan bahwa dia berharap kota itu akan kembali ke jalan yang benar. Selama lebih dari enam bulan terakhir, Hong Kong diwarnai oleh protes antipemerintah.

"Dalam setengah tahun terakhir, situasi di Hong Kong mengkhawatirkan. Seluruh pihak berharap Hong Kong dapat kembali ke jalan yang benar," kata Luo dalam konferensi pers pertamanya.

Banyak yang menilai bahwa penunjukkan Luo merupakan tanda kefrustrasian Beijing terhadap cara pendahulunya, Wang Zhimin, menangani krisis di Hong Kong.

Wang merupakan kepala Kantor Penghubung dengan masa jabatan tersingkat sejak Hong Kong kembali di bawah pemerintahan China pada 1997.

Kantor Penghubung China berada di bawah Dewan Negara dan merupakan platform bagi Beijing untuk memproyeksikan pengaruhnya di Hong Kong.