Vo Van Thuong disumpah sebagai presiden baru Vietnam

Kepresidenan Vietnam sebagian besar merupakan peran seremonial sementara sekretaris jenderal memiliki bobot yang jauh lebih besar.

Presiden Vietnam yang baru Vo Van Thuong. Foto: rfa.org

Majelis Nasional Vietnam telah memilih Vo Van Thuong sebagai presiden baru negara itu. Ini menandakan peningkatan fokus untuk memberantas korupsi di semua tingkat partai komunis.

Semua kecuali satu dari 488 legislator memilih anggota partai veteran itu untuk menjabat selama sisa masa jabatan 2021-2026, pada sesi luar biasa di Hanoi Kamis.

"Saya akan benar-benar setia kepada tanah air, rakyat, dan konstitusi Republik Sosialis Vietnam, berjuang untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh partai, negara, dan rakyat," kata Thuong kepada parlemen dalam pidato singkat yang disiarkan langsung televisi, yang menyiarkan upacara pengambilan sumpahnya.

Thuong menggantikan Nguyen Xuan Phuc, yang diberhentikan oleh Majelis Nasional pada 18 Januari dan dikeluarkan dari majelis.

Phuc sebelumnya mengumumkan dia mengundurkan diri untuk bertanggung jawab atas skandal terkait COVID di bawah pengawasannya, yang mengklaim pekerjaan dua wakil perdana menteri dan tiga menteri.