Wajah-wajah lama mendominasi kabinet PM Boris Johnson

Saudara laki-laki PM Johnson, Jo Johnson, ditunjuk menjadi menteri bisnis, energi dan strategi industri, dan pendidikan.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat penampilan perdananya di Dewan Rakyat pada Kamis (25/7). Reuters Tv via REUTERS

Tidak lama setelah dilantik sebagai perdana menteri Inggris, Boris Johnson (BoJo) merombak kabinet. Johnson membawa tim baru yang terdiri dari serangkaian anggota Partai Konservatif.

Sajid Javid terpilih menjadi menteri keuangan baru, sebelumnya dia menjabat sebagai menteri dalam negeri di kabinet May. Dia merupakan salah satu pihak yang paling keras mendesak agar Inggris keluar dari Uni Eropa dalam referendum 2016. 

Priti Patel terpilih sebagai menteri dalam negeri. Mantan anggota kabinet May itu mengundurkan diri pada 2017 setelah terungkap bahwa dia mengadakan pertemuan rahasia di Israel untuk membahas bisnis resmi pemerintah tanpa memberi tahu Kementerian Luar Negeri Inggris.

Dalam beberapa tahun terakhir, Patel telah menyuarakan dukungan terhadap hukuman mati dan berulang kali menentang hak-hak LGBT dan UU terkait hak asasi manusia.

Menggantikan posisi Jeremy Hunt sebagai menteri luar negeri adalah Dominic Raab. Mantan pengacara itu diangkat sebagai menteri kehakiman pada 2015 tetapi dipecat oleh May pada tahun berikutnya.