Walau tensi tinggi, AS dan Iran sama-sama tidak ingin perang

Menlu AS Mike Pompeo dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menegaskan mereka tidak menginginkan terjadinya perang.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. Twitter/@SecPompeo

Di tengah memanasnya hubungan Washington dan Teheran, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menegaskan pihaknya tidak menginginkan perang dengan Iran. Berbicara di Rusia, Pompeo mengatakan AS hanya ingin Iran agar menjaga sikap mereka layaknya negara lain.

Pompeo bertatap muka dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Sochi, Rusia, pada Selasa (14/5). Dalam pertemuan tersebut dia mengatakan pada dasarnya AS tidak mencari konflik dengan Iran.

"Kami juga telah menjelaskan kepada Iran bahwa jika kepentingan AS diserang, kami pasti akan merespons dengan cara yang tepat," tutur Pompeo.

Kedua menlu bertemu untuk meningkatkan hubungan antara Rusia dan AS. Namun, tatap muka tersebut justru memperkuat sejumlah perbedaan sikap kedua negara.

Pompeo mengatakan dia mendesak Rusia untuk menghentikan dukungan bagi Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Lavrov menolak permintaan itu. Menlu Rusia menyebut kecaman AS terhadap Maduro tidak memiliki dasar demokratis.