Warga Australia hilang di China

Feng Chongyi meyakini bahwa temannya, Yang Jun, ditahan di China oleh Kementerian Keamanan Negara.

Ilustrasi / Pixabay

Pemerintah Australia pada Rabu (23/1) mengatakan tengah mencari informasi tentang seorang warganya yang dilaporkan hilang di China.

Novelis dan kritikus berpengaruh Yang Hengjun adalah seorang diplomat China sebelum dia menjadi warga Australia. Teman-temannya mengatakan, pria itu tinggal di Amerika Serikat bersama istri dan anaknya dan dia kembali ke China pada akhir pekan lalu.

Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia dalam pernyataannya menyebutkan, "Tengah mencari informasi tentang seorang warga Australia yang dilaporkan hilang di China. Karena alasan menjaga privasi, kami tidak akan memberikan komentar lebih lanjut."

Feng Chongyi, seorang akademisi University of Technology Sydney meyakini bahwa temannya itu ditahan di Beijing oleh Kementerian Keamanan Negara. 

"Keyakinan saya didasarkan pada informasi bahwa Yang Jun telah diculik oleh petugas keamanan negara, Kementerian Keamanan Negara dan sekarang ditahan di Beijing bersama istrinya," tutur Feng kepada surat kabar The Australian.