WNI tak terdampak demo di Hong Kong

Gangguan tidak dirasakan secara signifikan karena unjuk rasa hanya terpusat di sejumlah titik dan tidak menyebar ke seluruh Hong Kong.

Polisi antihuru-hara siaga dalam protes antipemerintah di Hong Kong, Rabu (27/5). ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha memastikan bahwa tidak ada WNI terdampak demonstrasi yang dalam beberapa pekan terakhir kerap terjadi di Hong Kong.

"Berdasarkan informasi terakhir dari KJRI Hong Kong, situasi di sana relatif kondusif. Hal ini terlihat dari transportasi, bisnis, dan aktivitas sekolah yang masih berjalan," jelas Judha dalam pengarahan media secara virtual pada Rabu (3/6). "Sampai saat ini, tidak ada WNI yang terdampak demo."

Dalam beberapa pekan terakhir, protes antipemerintah pecah di Hong Kong, beberapa berujung bentrok dengan aparat keamanan. Pedemo menentang rencana China menerapkan UU keamanan nasional di Hong Kong.

"Memang benar ada demo besar-besaran dan berpotensi bentrok dengan kepolisian, tentunya hal itu mengganggu aktivitas warga setempat," ujar Judha.

Dia menambahkan, gangguan tidak dirasakan secara signifikan karena unjuk rasa hanya terpusat di sejumlah titik dan tidak menyebar ke seluruh wilayah di Hong Kong.