5 tips kurangi paparan mikroplastik, cegah bahayanya

Saat ini para pakar menyebutkan bahwa mikroplastik adalah hal yang paling mustahil dihindari manusia.

Ilustrasi. Foto Istock

Partikel mikroplastik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia modern. Saat ini para pakar menyebutkan bahwa mikroplastik adalah hal yang paling mustahil dihindari manusia. Peneliti dalam Program Teknologi Lingkungan di University of Illinois, Jodi Flaws, saat diwawancarai The Washington Post menyebutkan tidak sampai 10% dari total jumlah itu yang berhasil didaur ulang.   

Namun demikian, mengurangi penggunaan plastik bisa menjadi solusi untuk mengurangi paparan mikroplastik. Langkah-langkah kecil berikut dapat membantu menghindari paparan mikroplastik yang tidak perlu.

1. Hindari membeli air dalam kemasan plastik

Langkah yang cukup mudah adalah dengan menghindarkan diri membeli air minum dalam kemasan plastik terus-terusan. Meminum air dari kemasan plastik juga sangat tidak dianjurkan. Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk meminum air dari keran-keran di tempat umum atau membawa wadah sendiri.

Peneliti Kimia di Penn State Behrend Amerika Serikat, Sherri Mason, menyebutkan air minum menjadi salah satu yang berkontribusi paling besar dalam konsumsi mikroplastik. Air kemasan memiliki kandungan mikroplastik dua kali lebih besar dibandingkan air dari keran atau wadah-wadah nonplastik.