Akhir tragis cinta beda agama Pierre Tendean dan Rukmini Chamim

Hubungan cinta beda agama dijalani Pierre Tendean dan Rukmini Chamim selama kurang lebih tiga tahun.

Ilustrasi cinta beda agama. Alinea.id/Bagus Priyo.

Lima tahun menjalin hubungan, akhirnya kisah cinta putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Felicia Tissue kandas. Beberapa waktu lalu, ibu Felicia, yakni Meilia Lau mengungkapkan kekesalannya di media sosial karena Felicia diputuskan tanpa kabar oleh Kaesang. Meilia menyebut, Kaesang berjanji menikahi Felicia pada Desember 2020.

Kenyataannya, Kaesang malah menghilang pada Januari 2021. Diduga, hubungan kedua pasangan itu berakhir karena beda agama. Kaesang diduga tak dapat restu dari keluarganya.

Cinta beda agama pun pernah dijalani tiga tokoh pahlawan nasional, seperti dr. Soetomo, Sutan Sjahrir, dan Pierre Tendean.

Menurut Dhahana Adi dalam Surabaya Punya Cerita volume 1 (2014), Soetomo menikahi janda berkebangsaan Belanda bernama Everdina Bruring pada 1917. Ketika itu, Everdina bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit Blora, Jawa Timur. Sedangkan Soetomo menjadi dokter pemerintah, setelah lulus pada 1911 dari School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA).

Meski tak pernah dikarunia anak, hubungan mereka awet hingga ajal menjemput. Everdina meninggal pada 1934. Sedangkan Soetomo wafat pada 1938.