Ancaman wabah pneumonia pada anak

Pneumonia pada anak merebak di China. Membuat kekhawatiran banyak pihak.

Ilustrasi seorang anak yang terserang influenza./Foto soumen82hazra/Pixabay.com

Meningkatnya kasus pneumonia misterius di China menimbulkan kekhawatiran. Beberapa waktu lalu, rumah sakit anak-anak di Beijing dan Liaoning dipenuhi anak-anak dengan penyakit tersebut. Pihak berwenang China mengaitkan peningkatan kasus pneumonia ini dengan dicabutnya pembatasan sosial pandemi Covid-19. Belanda jadi negara kedua yang melaporkan wabah serupa.

Terkait dengan situasi itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan surat edaran kewaspadaan dalam SE Nomor: PM.03.01/C/4632/2023 tentang Kewaspadaan terhadap Kejadian Mycoplasma Pneumonia di Indonesia.

Dalam surat itu, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu meminta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pemantauan perkembangan kasus dan negara terjangkit di tingkat global.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Imran Pambudi, dalam konferensi pers daring, Rabu (29/11) mengatakan, World Health Organization (WHO) masih memantau tren kasus di China dan beberapa negara lainnya. Indonesia diminta tidak menutup pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri dari negara-negara yang melaporkan kasus pneumonia itu.

Penyebab dan pencegahan