Anti aging hingga krim pemutih jadi produk paling banyak terjual di marketplace

Riset Brand Choice Index menyebut anti aging menjadi kategori produk yang paling banyak terjual di marketplace.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Pandemi menjadi momentum bagi masyarakat untuk melakukan perawatan kulit dan tubuh. Hal itu terlihat dari riset Brand Choice Index yang menyebut anti aging menjadi kategori produk paling banyak terjual di dua marketplace teratas Indonesia atau sebanyak 700.400 buah dalam tiga bulan terakhir.

Riset dilakukan oleh INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia pada bulan April-Juni 2021 terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000-an brand ter-riset. Kategori lain yang banyak terjual adalah whitening cream (664.7000), nail polish (471.000), tisu basah (451.700), acne serum (396.500), mouse wireless (368.900), aloe vera sooting gel (361.200), sabun mandi antiseptik (345.100), celana dalam pria (290.300), dan body mist (275.000).

Sementara itu, dari riset yang sama, kategori produk paling banyak dicari di internet rata-rata per bulan adalah air mineral kemasan (159.800), blender (97.000), obat maag (78.300), printer (77.400), helm full face (48.600), mixer (42.800), rice cooker (41.700), minyak telon (40.600), plester luka (29.200), dan kipas angin (24.900).

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan konsumen cenderung berselancar terlebih dahulu di mesin pencari atau marketplace sebelum bertransaksi membeli barang.

"Selain itu, sebelum bertransaksi secara offline, konsumen juga melakukan penelusuran internet untuk mencari referensi produk yang dicari. Sehingga ketika datang ke toko, konsumen telah mendapatkan informasi dan langsung menuju produk atau brand yang dipilih," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (31/7).