Cara korporasi berkampanye kurangi sampah di tengah pandemi

Indonesia diperkirakan menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahunnya. Sebesar 50% dari total sampah tersebut merupakan sampah organik.

Instalasi Kotak Semangat Astra yang berada di Astra dan Grup Astra untuk menampung sampah plastik yang telah dipilah. Istimewa

PT Bank DBS Indonesia dan PT Astra Internasional Tbk. melakukan kampanye sosial dan lingkungan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam gerakannya.

Bank DBS Indonesia menginisiasi gerakan peduli lingkungan melalui kampanye ‘Towards Zero Food Waste’. Kampanye ini bertujuan mengajak masyarakat sebagai konsumen lebih memperhatikan dan peduli terhadap sampah makanan melalui gerakan #MakanTanpaSisa. Melalui kampanye ini, masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam membantu mereka yang kesulitan dalam mendapatkan makanan bernutrisi selama masa pandemi Covid-19 ini. 

Executive Director, Head of Group Strategic Marketing Communication PT Bank DBS Indonesia Mona Monika mengatakan, gerakan #MakanTanpaSisa ini mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi mengurangi sampah makanan di Indonesia. Sekaligus membantu sesama terutama masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, seperti kehilangan pekerjaan, sulit mendapatkan pasokan makan serta mereka yang membutuhkan asupan vitamin dan makanan bergizi agar tetap dapat bertahan hidup.

Dalam mendukung gerakan ini, ada tiga cara yang dilakukan. Pertama, berkampanye melalui video “Watch to Donate” hingga mencapai 10 juta views. Bank DBS Indonesia juga akan mendonasikan delapan ton porsi makanan untuk mereka yang membutuhkan dan bekerjasama dengan Foodbank of Indonesia.

Kedua, masyarakat dapat berkontribusi dengan cara memfoto makanan dan juga piring kosong setelah makan (sebelum dan sesudah) atau usaha lainnya untuk mengurangi sampah makanan. Foto tersebut kemudian diunggah ke Instagram dengan mention @dbsbankid @digibankid @livemoresociety dan tiga teman. Serta dengan tagar #LivemoreWasteless #MakanTanpaSisa #BersamaLawanCorona.