sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cara korporasi berkampanye kurangi sampah di tengah pandemi

Indonesia diperkirakan menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahunnya. Sebesar 50% dari total sampah tersebut merupakan sampah organik.

Firda Cynthia
Firda Cynthia Rabu, 01 Jul 2020 08:00 WIB
Cara korporasi berkampanye kurangi sampah di tengah pandemi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 63749
Dirawat 30834
Meninggal 3171
Sembuh 29105

PT Bank DBS Indonesia dan PT Astra Internasional Tbk. melakukan kampanye sosial dan lingkungan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam gerakannya.

Bank DBS Indonesia menginisiasi gerakan peduli lingkungan melalui kampanye ‘Towards Zero Food Waste’. Kampanye ini bertujuan mengajak masyarakat sebagai konsumen lebih memperhatikan dan peduli terhadap sampah makanan melalui gerakan #MakanTanpaSisa. Melalui kampanye ini, masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam membantu mereka yang kesulitan dalam mendapatkan makanan bernutrisi selama masa pandemi Covid-19 ini. 

Executive Director, Head of Group Strategic Marketing Communication PT Bank DBS Indonesia Mona Monika mengatakan, gerakan #MakanTanpaSisa ini mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi mengurangi sampah makanan di Indonesia. Sekaligus membantu sesama terutama masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, seperti kehilangan pekerjaan, sulit mendapatkan pasokan makan serta mereka yang membutuhkan asupan vitamin dan makanan bergizi agar tetap dapat bertahan hidup.

Dalam mendukung gerakan ini, ada tiga cara yang dilakukan. Pertama, berkampanye melalui video “Watch to Donate” hingga mencapai 10 juta views. Bank DBS Indonesia juga akan mendonasikan delapan ton porsi makanan untuk mereka yang membutuhkan dan bekerjasama dengan Foodbank of Indonesia.

Kedua, masyarakat dapat berkontribusi dengan cara memfoto makanan dan juga piring kosong setelah makan (sebelum dan sesudah) atau usaha lainnya untuk mengurangi sampah makanan. Foto tersebut kemudian diunggah ke Instagram dengan mention @dbsbankid @digibankid @livemoresociety dan tiga teman. Serta dengan tagar #LivemoreWasteless #MakanTanpaSisa #BersamaLawanCorona.

Ketiga, bagi pengguna kartu kredit digibank by DBS, dapat berkontribusi melalui program “Buy 1 Meal to Give 1 Meal”, dengan membeli single meal di aplikasi Yummybox menggunakan kartu kredit digibank by DBS, nasabah turut berkontribusi memberikan donasi satu kotak makan bernutrisi.

Lain dengan Banks DBS Indonesia, Astra justru mengkampanyekan pengurangan sampah plastik. Setelah tiga bulan meluncurkan gerakan 'Semangat Kurangi Plastik', Astra dan masyarakat hingga per akhir Mei 2020 berhasil mengumpulkan 47.013 kilogram sampah plastik.

Gerakan ini merupakan langkah Astra yang sejalan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan. Sebanyak 47.013 kilogram tersebut dikumpulkan dari 4.930 karyawan dan masyarakat.

Sponsored

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, mengatakan gerakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran karyawan Astra dan masyarakat luas akan bahaya sampah plastik. Mengedukasi tentang cara pengolahan sampah plastik yang efektif serta mengajak Grup Astra & para yayasan Astra mengurangi limbah plastik yang dihasilkan dan mendorong siklus ekonomis.

“Plastik sudah lama menjadi kebutuhan harian kita. Tanpa disadari tumpukan sampah plastik memiliki dampak buruk bagi alam dan lingkungan," ujar Riza dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id.

Berbagai aktivitas yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Grup Astra dan yayasan Astra, di antaranya menyediakan Kotak Semangat Astra, penggantian pengurangan material plastik untuk kemasan produk, larangan penggunaan air minum dalam kemasan (AMDK) plastik pada saat rapat, dan pemilahan sampah dan aksi bersih-bersih area kantor.

Tak hanya itu, Astra juga memanfaatkan media sosial dalam kampanyenya dengan mengaktivasi akun media sosial Astra, yakniInstagram (@SATU_Indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).

Berita Lainnya