Enggak cuma passion, ini cara sukses mengembangkan diri dari para content creator

Keterampilan dasar merupakan salah satu faktor penting untuk pengembangan diri. Apa faktor lain?

Jerome Polin Sijabat, content creator sekaligus pemilik channel Youtube Nihongo Mantappu dalam salah satu vlognya. Foto tangkapan layar Youtube Nihongo Mantappu.

Setiap orang terlahir dengan potensi. Kecintaan belajar, kegagalan, financial literacy, dan penguasaan banyak hal merupakan beberapa faktor dalam mencapai kesuksesan. Selain itu, keterampilan dasar juga merupakan salah satu faktor penting untuk pengembangan diri, sebelum kita belajar keterampilan lainnya. Mengembangkan diri tentu bukan perkara instan. Namun, figur publik berikut punya tipsnya buat kamu seperti dilansir dari keterangan resmi Zenius.

Rachel Amanda Aurora

Memulai karirnya di dunia entertainment sejak usia 2,5 tahun, Rachel Amanda menyatakan orang tuanya selalu menanamkan pentingnya pendidikan dan mengutamakan sekolah di atas kariernya. Bahkan, ia mengaku hanya diperbolehkan mengikuti syuting sepulang sekolah. Hal ini membuat Rachel Amanda mencintai proses belajar dan memiliki mindset kalau ilmu yang ia pelajari akan berguna ke depan. Artis multitalenta yang berencana untuk melanjutkan studi S2 ini percaya selain ilmu, pengalaman belajar juga penting untuk melatih berpikir kritis.

Dalam menghadapi perubahan yang sudah pasti terjadi manusia harus selalu mau berkembang. Hal penting lainnya adalah mengetahui tujuan hidup di masa depan. Rachel Amanda pernah mempraktikkannya ketika pindah jurusan di bangku perkuliahan dari Kesehatan Masyarakat ke Psikologi.

Walau dengan berbagai konsekuensi yang harus diterima, menurutnya, perubahan juga bisa mendatangkan kebaikan, seperti membantu kita untuk lebih mengenali diri sendiri. Semakin kita kenal dengan diri sendiri, maka kita akan tahu apa tujuan yang ingin kita capai.