sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Enggak cuma passion, ini cara sukses mengembangkan diri dari para content creator

Keterampilan dasar merupakan salah satu faktor penting untuk pengembangan diri. Apa faktor lain?

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Senin, 14 Feb 2022 22:25 WIB
Enggak cuma passion, ini cara sukses mengembangkan diri dari para content creator

Setiap orang terlahir dengan potensi. Kecintaan belajar, kegagalan, financial literacy, dan penguasaan banyak hal merupakan beberapa faktor dalam mencapai kesuksesan. Selain itu, keterampilan dasar juga merupakan salah satu faktor penting untuk pengembangan diri, sebelum kita belajar keterampilan lainnya. Mengembangkan diri tentu bukan perkara instan. Namun, figur publik berikut punya tipsnya buat kamu seperti dilansir dari keterangan resmi Zenius.

Rachel Amanda Aurora

Memulai karirnya di dunia entertainment sejak usia 2,5 tahun, Rachel Amanda menyatakan orang tuanya selalu menanamkan pentingnya pendidikan dan mengutamakan sekolah di atas kariernya. Bahkan, ia mengaku hanya diperbolehkan mengikuti syuting sepulang sekolah. Hal ini membuat Rachel Amanda mencintai proses belajar dan memiliki mindset kalau ilmu yang ia pelajari akan berguna ke depan. Artis multitalenta yang berencana untuk melanjutkan studi S2 ini percaya selain ilmu, pengalaman belajar juga penting untuk melatih berpikir kritis.

Dalam menghadapi perubahan yang sudah pasti terjadi manusia harus selalu mau berkembang. Hal penting lainnya adalah mengetahui tujuan hidup di masa depan. Rachel Amanda pernah mempraktikkannya ketika pindah jurusan di bangku perkuliahan dari Kesehatan Masyarakat ke Psikologi.

Walau dengan berbagai konsekuensi yang harus diterima, menurutnya, perubahan juga bisa mendatangkan kebaikan, seperti membantu kita untuk lebih mengenali diri sendiri. Semakin kita kenal dengan diri sendiri, maka kita akan tahu apa tujuan yang ingin kita capai.

Jerome Polin

Jerome Polin Sijabat, pemilik channel Youtube Nihongo Mantappu, membagikan kisahnya soal kegagalan yang cukup sering ia alami. Saat Jerome duduk di kelas 10, ia hampir mengikuti sebanyak 30 kali olimpiade dan selalu gagal. Kemenangan baru dirasakannya saat duduk di kelas 11 semester kedua. Dalam dunia perlombaan, Jerome mengaku lebih sering kalah daripada menang, namun ia tidak berhenti mencoba. Menurut Jerome, kegagalan yang sesungguhnya adalah ketika kita berhenti untuk mencoba. “Kalau kamu coba lagi, kamu masih punya kesempatan untuk berhasil. Kamu bisa belajar dari kesalahan sebelumnya supaya potensi kegagalan kamu akan semakin kecil, yang terpenting jangan sampai kita mengulang kesalahan yang sama,” ujarnya.

Anggi dan Ingga Nasution

Sponsored

Tips selanjutnya datang dari duo kembar pemilik channel Youtube Giga Nasution. Sebagai financial literacy enthusiast, Anggi dan Ingga mengungkapkan pentingnya memahami literasi finansial pribadi supaya kita tahu dari mana dan kemana uang yang kita miliki, serta apa tujuan finansial kita. Manfaat melek finansial bukan sekadar mampu mengelola keuangan, tapi juga belajar untuk bertanggung jawab dalam menggunakan uang, yang akhirnya dapat membentuk kebiasaan saat dewasa nanti. Sejak kuliah, Anggi dan Ingga juga sudah membiasakan diri untuk menabung dan investasi.

Anggi dan Ingga berpesan agar jeli mencari kesempatan sebanyak-banyaknya menggunakan kemampuan yang dimiliki. Sejak sekolah, Anggi dan Ingga yang gemar memasak mencoba untuk berjualan camilan sederhana di sekolahnya demi mendapat uang jajan tambahan. “Awalnya karena kami merasa enggak enak untuk minta uang jajan tambahan ke orang tua, jadi coba-coba untuk cari uang sendiri. Pengalaman cari uang ini jadi bekal kita sampai sekarang,” imbuh Anggi dan Ingga.

Saat kuliah di Australia, Anggi pernah berjualan air dari tap water yang ia hargai 1 dolar Australia tiap gelasnya, karena ia melihat adanya kelangkaan air minum pada pertandingan sepak bola. Selain itu, ia pernah mencoba peruntungannya dengan mengirim artikel ke salah satu media. Beruntungnya, artikel yang dikirim berhasil terbit. Masa muda adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan yang kamu miliki dan manfaatkan kemampuan tersebut secara maksimal.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid