Christmas Island dipenuhi migrasi jutaan kepiting merah

Kepiting jantan yang paling besar akan meminpin perjalanan dan para bertina mengikutinya.

Kepiting jantan yang paling besar akan memimpin perjalanan dan para bertina mengikutinya. Foto twitter.com/Australia

Hujan pertama musim dingin di Christmas Island Australia baru saja dimulai. Itu artinya akan ada jutaan kepiting merah bermigrasi untuk kawin dan bertelur, mereka akan menutupi jalan dan ada di mana-mana.

Menurut laporan The Washington Post, Jumat (19/11), kepiting jantan yang paling besar akan memimpin perjalanan dan para bertina mengikutinya. Bermigrasi dari hutan menuju Samudera Hindia sehingga perkawinan dapat dilakukan di sekitar liang air. Bersama-sama para kepiting berjalan di sekitar kota, menyebrangi jembatan, dan menutupi semua jalanan yang dilalui.

Menurut pemerintah Australia, sekitar 50 juta kepiting merah hidup di pulau ini, satu-satunya tempat di dunia di mana spesies tersebut bisa ditemukan. Fenomena terjadi setiap tahun dan ditentukan oleh fase bulan. Pemerintah lokal bahkan menyebutnya sebagai migrasi massal alami paling luar biasa di seluruh dunia.  

Migrasi berwarna-warni biasanya terjadi antara Oktober dan November tetapi telah diketahui terjadi hingga akhir Desember atau Januari.

"Kepiting muncul di mana-mana, termasuk di pintu blok kantor," seperti dikutip dari laporan Parks Australia Laporan lembaga tersebut menyebutkan migrasi membuat semua orang terlihat sibuk “menyapu kepiting dari jalanan” dan mengelola penutupan jalan untuk menjaga para binatang binatang bercangkang ini tetap aman.