Film animasi Luca, minim konflik dan plot twist

Berbeda dengan karya Pixar lainnya, Luca menyuguhkan kisah yang lebih ringan untuk dinikmati oleh setiap kalangan.

Salah satu adegan dalam film Luca. Foto tangkapan layar YouTube @Pixar.

Luca menjadi film animasi persembahan Walt Disney Animation bersama studio animasi Pixar yang telah rilis pada 18 juni 2021, di Disney+ Hostar. Berbeda dengan karya Pixar lainnya, Luca menyuguhkan kisah yang lebih ringan untuk dinikmati oleh setiap kalangan.

Kisah Luca dimulai dengan gambaran para nelayan yang merasa kesal dan benci saat melihat bayangan monster di bawah laut. Selanjutnya, cerita ini pun langsung memperlihatkan sosok Luca Paguro (Jacob Tremblay) yang merupakan monster laut.

Setiap harinya Luca selalu membantu orang tuanya untuk menjaga ikan-ikan milik keluarganya, layaknya seorang gembala domba. Luca pun tidak pernah bertindak nakal dan selalu mendengarkan pesan orang tuanya. Dia juga menuruti segala larangan orang tuanya, termasuk tidak bermain dan naik ke permukaan laut.

Hingga suatu saat, Luca menemukan barang-barang dari daratan yang tenggelam di dalam laut. Di situlah dia juga bertemu dengan Alberto Scorfano (Jack Dylan Grazer), sesama monster laut.

Alberto dikisahkan sebagai tokoh yang sok tahu dan mengajak Luca pergi ke daratan. Untuk pertama kalinya, Luca tak mengikuti perkataan orang tuanya dan kabur untuk menetap di daratan. Saat di darat, tubuh monster lautnya secara ajaib berubah menjadi seorang anak manusia. Mulai dari sana, petualangan mereka dimulai.