Film Samudra Loka, upaya tingkatkan literasi maritim

Film ini dibuat sebagai salah satu sumber untuk membuat publik menjadi terliterasi mengenai maritim.

Pemutaran film Samudra Loka, menjadi salah satu rangkaian acara Pekan Literasi Maritim yang sudah dilaksanakan mulai dari 16 September hingga 23 September. Foto tangkapan layar

Dalam merayakan hari Maritim Nasional ke-57, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama dengan Kementerian Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar resensi film “Samudra Loka” secara virtual pada Minggu (19/9).

Acara ini menjadi salah satu rangkaian acara Pekan Literasi Maritim yang sudah dilaksanakan mulai dari 16 September hingga 23 September.

“Berbicara tentang kemaritiman dan hari ini sebenarnya melalui resensi film ini adalah salah satu bentuk bagaimana kita membicarakan mengenai sumber daya kelautan atau kemaritiman melalui suatu karya intelektual film, oleh karena itu tentu saja resensi film ini yang tujuannya kita dorong untuk mengubah suatu karya intelektual dalam bentuk apresiasi terhadap karya seni,” ujar kepala Biro Komunikasi Kemenko Marves Andreas Dipi Patria dalam sambutannya, yang dikutip dari laman Maritim.go.id.

Andreas berharap, kegiatan ini bisa memberikan pemahaman yang komprehensif atas maksud dan tujuan film ini dibuat. Terutama, sebagai salah satu sumber untuk membuat publik menjadi terliterasi mengenai maritim, dan mengenal hal-hal yang tidak diketahui mengenai aspek-aspek penting di Bidang Kemaritiman. 

“Semoga film ini menjadi contoh di kementerian, institusi, lembaga lainnya, bagaimana film yang kemudian dikemas dengan konteks kekinian dengan menggunakan peran anak-anak muda dan juga menceritakan kondisi keseharian yang ada pada saat ini sehingga pesan-pesan itu tidak membosankan,” ucapnya.