Heba Saadieh inspirasi dari Palestina

Saadieh telah mengawasi pertandingan di beberapa kompetisi terkenal.

Heba Saadieh pecahkan sejarah dunia wasit Palestina. Foto AFC

Pertandingan China vs Inggris di Piala Dunia Wanita FIFA 2023, Rabu (2/8) menjadi sejarah bagi seorang wanita Palestina, Heba Saadieh. Ia menjadi asisten wasit di laga itu. 

Saadieh, yang selama ini menjadi andalan dalam daftar ofisial pertandingan AFC, mengukir sejarah ketika dia turun sebagai asisten wasit dalam pertandingan babak grup yang berakhir dengan kemenangan Inggris 6-1 tersebut. Partisipasinya ini menjadikannya orang Palestina pertama, pria atau wanita, yang memimpin pertandingan di pentas global tersebut.

Perjalanan Saadieh sebagai wasit sepak bola diawali saat ia akan menyelesaikan pendidikannya di universitas. Ia menyaksikan para wasit berlatih, namun tidak ada wanita di antara barisan mereka. Hal ini yang menyulut api di dalam Saadieh, mendorongnya untuk memulai pengembaraan yang mengubah hidupnya.

“Setelah saya menyelesaikan studi Pendidikan Jasmani, saya ingin mengejar karir di bidang olahraga. Saya sudah tertarik dengan sepak bola tetapi ketika saya melihat wasit berlatih, saya hanya melihat laki-laki. Itu memunculkan kemungkinan di benak saya - wanita bisa berada di mana saja dan bisa melakukan segalanya,” kenang Saadieh.

Saadieh kemudian mendaftar dalam program wasit di Malaysia dan akhirnya Swedia, dan mendapatkan lencana FIFA-nya pada tahun 2016. Sejak saat itu, semangat gigihnya membawanya menembus laga resmi, saat ia menjadi wasit di Damallsvenskan, divisi tertinggi sepak bola wanita di Swedia dan di Divisi 1 untuk pria.