Inggris semakin maju memberantas habis generasi perokok di 2040

Para anggota parlemen memberikan suara 383-67 untuk menyetujui RUU Tembakau dan Vape untuk kedua kalinya.

Ilustrasi. Foto: Pixabay

Inggris akan menerapkan langkah-langkah keras untuk menghentikan kebiasaan merokok. Pasalnya rokok menjadi salah satu penyebab kematian akibat kanker terbesar di negara tersebut.

Parlemen Inggris menyetujui rencana “bersejarah” pemerintah untuk menciptakan generasi “bebas rokok” pada hari Selasa dalam upaya mengurangi jumlah orang yang meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok, yang merupakan beban besar bagi Layanan Kesehatan Nasional (NHS) yang didanai pemerintah.

Para anggota parlemen memberikan suara 383-67 untuk menyetujui RUU Tembakau dan Vape untuk kedua kalinya, mengatasi oposisi vokal dari Partai Konservatif yang berkuasa, yang menentang campur tangan negara dalam kehidupan masyarakat. 

Saat ini, peraturan tersebut memerlukan persetujuan dari House of Lords agar dapat diberlakukan. Tidak ada partai di antara 790 anggota Lords yang memiliki mayoritas secara keseluruhan, namun Partai Konservatif mengalahkan Partai Buruh dengan perbandingan 278-173.

“Parlemen kini telah memulai proses memasukkan rokok ke dalam tumpukan abu sejarah,” Deborah Arnott, kepala eksekutif kelompok penekan Aksi Merokok dan Kesehatan.