iOS 16 sudah bisa diunduh, ada fitur apa saja?

Di antara perubahan yang paling diantisipasi adalah, kemampuan untuk mengubah dan membatalkan pengiriman pesan iMessage.

Hadirnya iOS 16 menghadirkan beragam fitur-fitur terbaru yang ada pada aplikasi di perangkat Apple. Ilustrasi: GQ Magazine

Pada awal pekan ini, Apple merilis sistem operasi next-gen terbaru mereka, yang bernama iOS 16, dengan fitur baru yang mengizinkan pengguna untuk mempersonalisasi lock screen iPhone mereka dan mengubah cara mengirim pesan melalui iMessage.

Di antara perubahan yang paling diantisipasi adalah, kemampuan untuk mengubah dan membatalkan pengiriman pesan iMessage yang baru saja dikirim, atau menandai pesan sebagai 'unread' jika pengguna ingin membukanya kembali nanti.

Penerima akan menerima pesan peringatan bahwa pesan asli telah diubah atau dihapus, dan fungsi itu hanya berfungsi jika kedua belah pihak telah memasang iOS 16. Apple mengklaim, ini adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta para pengguna.

Tetapi mungkin perubahan terbesarnya adalah lock screen interaktif, yang sekarang meliputi fitur font kustom, efek foto baru, wallpaper dan widget yang dipersonalisasi dan menambah informasi dalam sekejap.

Widget mencakup kalender event, masa pakai baterai, alarm, dering aktivitas Apple Watch dan cuaca, serta kemampuan untuk melacak “live activities” seperti perjalanan taksi/ojek online, pembaruan pada acara olahraga, atau pengiriman makanan. Di mana, Android memperkenalkan layar layar interaktif tahun lalu.