Kekerasan seksual di Jepang dan Korsel: Yang muda dan sakit jiwa

kekerasan terhadap perempuan bukanlah fenomena baru di Jepang tetapi mencatat peran internet dalam kekerasan incel.

Ilustrasi. foto Pixabay

Pada 1990-an, fenomena hikikomori yang muncul di Jepang – kaum muda yang menutup diri dari masyarakat – memicu banyak kritik, refleksi diri, dan kritik budaya.

Dua dekade kemudian, tekanan yang menyebabkan ribuan anak muda Jepang menjauhi dunia luar semakin akut. Lebih mengkhawatirkan lagi, campuran beracun dari isolasi sosial yang intens dan dinamika gender yang berubah telah berkontribusi pada beberapa kasus “incel” – laki-laki muda selibat tanpa sadar – dengan kekerasan menargetkan perempuan.

Di negara tetangga Korea Selatan, di mana perubahan sosial juga menghasilkan tantangan terhadap peran gender tradisional, anggota parlemen baru-baru ini bergulat dengan fenomena “terorisme sperma” . Mereka mencari jawaban apakah itu harus diperlakukan sebagai kejahatan seks.

Bulan lalu, Yusuke Tsushima, 36 tahun, menyerang penumpang lain di kereta di Tokyo barat dengan pisau. Selama amukan itu, 10 orang terluka, termasuk seorang mahasiswa berusia 20 tahun yang menderita setidaknya 10 luka tusuk di punggung dan dadanya.

Menurut polisi, Tsushima dimotivasi oleh kebencian terhadap wanita setelah diejek di pertemuan sosial dan ditolak saat menggunakan layanan kencan.