Kemenkes ungkap prioritas penanganan 5 penyakit tropis di Indonesia

NTDs merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa, dan cacing parasit.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu. Foto Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewaspadai sejumlah penyakit tropis yang terabaikan atau Neglected Tropical Diseases (NTDs) di Indonesia. Dalam hal ini, Kemenkes memprioritaskan penanganan terhadap lima penyakit NTDs.

"Ada sejumlah penyakit NTDs yang diprioritaskan, antara lain filariasis, cacingan, schistosomiasis, kusta, dan frambusia," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan resmi, Selasa (31/1).

Disampaikan Maxi, NTDs merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa, dan cacing parasit. Setidaknya terdapat 20 jenis penyakit yang termasuk daftar NTDs berdasarkan keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penyakit filariasis atau dikenal dengan penyakit kaki gajah jadi salah satu perhatian. Penyakit ini ditularkan oleh larva yang ada di dalam nyamuk, dengan gejala awal berupa demam ringan.

Gejala awal ini dapat menyebabkan pasien tidak sadar, mengalami pembengkakan, kemudian kempes, lalu kembali membengkak, dan tidak bisa kempes lagi.