Kepribadian menurut MBTI: Apa itu ISTJ dan ISTP?

Orang-orang dengan tipe kepribadian ISTJ cenderung menyukai hal-hal praktis dan pendiam.

Ilustrasi. iStock

Dalam tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), kita mengenal jenis ISTJ dan ISTP. Lalu apakah keduanya merupakan dua kepribadian yang sama? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Very Well Mind.  

ISTJ: Introverted, Sensing, Thinking, Judging

Orang-orang dengan tipe kepribadian ISTJ cenderung menyukai hal-hal praktis dan pendiam. Mereka menikmati ketertiban dan organisasi di semua bidang kehidupan termasuk rumah, pekerjaan, keluarga, dan proyek paruh waktu. ISTJ menghargai kesetiaan pada diri mereka sendiri dan orang lain.

ISTJ juga adalah perencana. Mereka suka merencanakan semuanya dengan hati-hati jauh-jauh hari. Mereka menikmati kehidupan yang teratur. Mereka menyukai hal-hal yang terorganisir dengan baik serta sangat memperhatikan detail. Ketika hal-hal berantakan, orang-orang dengan tipe kepribadian ini mungkin tidak dapat beristirahat sampai mereka telah mengatur semuanya kembali lurus dan pekerjaan telah selesai.

ISTJ sangat bertanggung jawab dan realistis. Mereka mengambil pendekatan logis untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan proyek. Orang-orang tipe ini juga mampu bekerja dengan kecepatan stabil untuk menyelesaikan berbagai tugas. Mereka dapat mengabaikan gangguan untuk fokus pada tugas, dapat diandalkan, dan dapat dipercaya.