Kiat menjaga pola hidup sehat selama pandemi

Sehat merupakan keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif.

Ilustrasi. iStock

Subvarian Covid-19 di Indonesia, setidaknya terdiri dari dua, yaitu BA.4 dan BA.5, yang tersebar sejak awal Juni 2022. Penularannya yang sangat cepat, tetapi memiliki gejala-gejala ringan pada orang yang terinfeksi. Mengenai hal itu, merujuk pada statistik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, kondisi pandemi di Indonesia saat ini masih terkendali.

Meski demikian, masyarakat tetap perlu waspada dan terus meningkatkan pola hidup sehat di masa pandemi yang belum berakhir hingga kini. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), melakukan sesi virtual bertajuk “Merdeka Dari Pandemi, Dengan Pola Hidup Sehat”, pada (31/8).

Menurut Undang Undang Nomor 26 Tahun 2009 tentang Kesehatan, sehat merupakan keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Pada kesempatan itu, praktisi kesehatan holistik Linda Sutarjo, membagikan kiat terkait menjaga pola hidup sehat selama pandemi, yaitu:

Protokol kesehatan
Tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan baik menggunakan sabun, maupun hand sanitizer.