Lima cara mengatasi stres karena Covid-19

Covid-19 memicu munculnya masalah kesehatan baru yang disebut dengan kelelahan pandemi.

Foto ilustrasi stres/Pixabay.

Pandemi Covid -19 banyak dikaitkan dengan ketahanan tubuh dan kelelahan psikologis, sehingga memunculkan istilah baru yang disebut ‘kelelahan pandemi’. Menurut penelitian di Istanbul, Turki, sekitar 64,1% warga ditemukan mengalami kelelahan psikologis efek pandemi Covid–19.

Kemunculan tiba-tiba coronavirus dan menular secara cepat menjadi teror bagi penduduk di seluruh dunia. Mereka khawatir terinfeksi virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China tersebut. Covid-19 tidak hanya membahayakan keuangan dan keselamatan orang, tetapi juga menimbulkan tantangan psikologis manusia.

Faktor psikologis memainkan peran yang sangat penting di tengah pandemi. Terlebih meningkatnya kasus positif Covid-19 dari hari ke hari memicu stres. Banyak mereka yang khawatir kehilangan nyawa, krisis keuangan, pembatasan perjalanan, penutupan tempat kerja dan sekolah, serta isolasi diri telah berkontribusi banyak pada masalah psikologis. Kondisi ini mempengaruhi kesehatan mental.

Hal lain yang mempengaruhi terjadinya kelelahan psikis adalah praktik menghindari tempat keramaian, jarak fisik, dan stres karena harus mencuci tangan sepanjang waktu.

Untuk itu harus ada jalan keluar untuk mengatasi kelelahan pandemi ini, di antaranya dengan cara: