sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lima cara mengatasi stres karena Covid-19

Covid-19 memicu munculnya masalah kesehatan baru yang disebut dengan kelelahan pandemi.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Rabu, 25 Nov 2020 12:41 WIB
Lima cara mengatasi stres karena Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

Pandemi Covid -19 banyak dikaitkan dengan ketahanan tubuh dan kelelahan psikologis, sehingga memunculkan istilah baru yang disebut ‘kelelahan pandemi’. Menurut penelitian di Istanbul, Turki, sekitar 64,1% warga ditemukan mengalami kelelahan psikologis efek pandemi Covid–19.

Kemunculan tiba-tiba coronavirus dan menular secara cepat menjadi teror bagi penduduk di seluruh dunia. Mereka khawatir terinfeksi virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China tersebut. Covid-19 tidak hanya membahayakan keuangan dan keselamatan orang, tetapi juga menimbulkan tantangan psikologis manusia.

Faktor psikologis memainkan peran yang sangat penting di tengah pandemi. Terlebih meningkatnya kasus positif Covid-19 dari hari ke hari memicu stres. Banyak mereka yang khawatir kehilangan nyawa, krisis keuangan, pembatasan perjalanan, penutupan tempat kerja dan sekolah, serta isolasi diri telah berkontribusi banyak pada masalah psikologis. Kondisi ini mempengaruhi kesehatan mental.

Hal lain yang mempengaruhi terjadinya kelelahan psikis adalah praktik menghindari tempat keramaian, jarak fisik, dan stres karena harus mencuci tangan sepanjang waktu.

Untuk itu harus ada jalan keluar untuk mengatasi kelelahan pandemi ini, di antaranya dengan cara:

1. Tidur yang cukup

Tidur setidaknya tujuh jam sehari dapat membantu mengurangi kelelahan psikologis. Sebaliknya, kurang tidur dapat memperburuk situasi dan membawa Anda ke masalah mental lain seperti depresi. Karena itu, buatlah rutinitas waktu tidur dan ikuti dengan ketat.

2. Olah raga setiap hari

Sponsored

Berolahraga setiap hari tidak hanya akan meningkatkan sistem kekebalan Anda, tetapi juga akan memberi manfaat psikologis. Hal ini dapat membantu menurunkan stress Anda dengan menenangkan pikiran. Berolahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup karena membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang.

3. Hindari mendengarkan setiap berita Covid-19

Berita mengenai Covid-19 tentu ada di mana-mana. Hal ini dapat berpengaruh negatif pada kesehatan yang menyebabkan kelelahan psikis.

4. Terhubung dengan orang yang dicintai
Covid-19 telah memberi kesempatan bagi banyak orang untuk terhubung dengan orang yang dicintai. Habiskan waktu dengan keluarga dan teman, bisa pula dengan cara berkomunikasi via telepon. Ini akan mencegah perasaan terisolasi dan dengan demikian, mencegah kelelahan.

5. Terima emosi Anda

Pandemi telah memicu emosi yang campur aduk. Bisa berupa rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai, stres akibat penyebaran virus, dan rasa kesepian karena jauh dari keluarga atau karena mengisolasi diri. Untuk itu, terima emosi Anda dengan cara yang positif, karena mengabaikannya dapat menyebabkan stres fisik yang bisa berujung pada depresi.

Berita Lainnya