Mau vaksin booster? Segera datang ke faskes

Apalagi stok vaksin sangat mencukupi, karena ada vaksin produksi dalam negeri.

Ilustrasi vaksin lokal Covid-19, Inavac, yang sudah bisa digunakan sebagai booster seiring terbitnya EUA oleh BPOM. Alinea.id/Oky Diaz

Kementerian Kesehatan memastikan, masyarakat mudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis booster pertama dan kedua. Masyarakat cukup datang ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, tidak ada alasan masyarakat untuk tidak mengikuti vaksin booster. Apalagi stok vaksin sangat mencukupi, karena ada vaksin produksi dalam negeri.

"Silakan datang ke faskes untuk vaksin (booster). Untuk stok saat ini aman" kata Siti.

Kementerian Kesehatan menambahkan regimen vaksin Indovac sebagai booster kedua untuk vaksin primer Pfizer selain vaksin AstraZeneca. Ini dilakukan untuk memperkuat proteksi masyarakat Indonesia dari Covid-19 khususnya subvarian Arcturus.

Kendati subvarian Arcturus belum menimbulkan lonjakan kasus di Indonesia, namun masyarakat tetap harus waspada. Indonesia memiliki pola kenaikan kasus yang sama dengan India setiap ada varian baru Covid-19. Apalagi saat ini India dan Singapura merupakan dua negara dengan proporsi XBB. 1.16 tertinggi di dunia.