Melihat gaya busana Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga

Joko Widodo dan Sandiaga Uno mengenakan busana yang dekat dengan kaum milenial.

Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung di Pilpres 2019 mengambil nomor urut di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. /Antara Foto.

Presiden pertama Indonesia Sukarno, di banyak kesempatan, kerap mengenakan pakaian bergaya militer, lengkap dengan tanda jasa di dadanya. Padahal, Bung Karno tak punya latar belakang militer.

Alasan Sukarno memakai seragam ala militer dijawabnya di buku Bung Karno: Penjambung Lidah Rakjat Indonesia, yang ditulis wartawan Amerika Serikat Cindy Adams.

“Aku memakai uniform karena aku panglima tertinggi. Rakyatku sudah lama dijajah Belanda. Mereka telah dijadikan koloni selama ratusan tahun, mereka sudah lama diperbudak. Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, aku harus bisa memberikan mereka sebuah citra. Suatu kebanggaan. Karena itu, aku memakai uniform,” kata Bung Karno di buku itu.

Maksud Bung Karno di sini sangat jelas. Dia berusaha menjadi orang yang gagah, dan bisa membuat rakyatnya bangga. Dia berusaha menjadi pemimpin yang disegani, yang memimpin rakyat yang sudah lama terjajah agar tak minder.

Namun, Cindy Adams belum puas dengan jawaban Sukarno. Dia lantas bertanya “nakal”.