Mengelola gaya hidup untuk mengatur keuangan

Cara manusia menjalani kehidupan tercermin dalam kemampuannya mengelola keuangan pribadi.

Buku "Manage Your Cash Flow, Manage Your Life". / Alinea.id - Eka Setiyaningsih

Cara manusia menjalani kehidupan tercermin dalam kemampuannya mengelola keuangan pribadi. Hal itu  yang menjadi bahasan utama dalam buku "Manage Your Cash Flow, Manage Your Life" karya Joice Tauris Santi dan Mohammad Andoko.

Seringkali seseorang sulit mengatur arus pendapatan dan pengeluaran (cash flow). Sebab, manusia sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jika dibiarkan, tentu rasa tidak puas akan terus menghampiri dan menjadi gaya hidup.

Santi dan Andoko dalam buku ini menyebut gaya hidup manusia akan berpengaruh pada pengaturan cash flow. Untuk itu, buku ini menegaskan pentingnya hidup dalam batas kemampuan.

Ketika memperoleh gaji di awal bulan, ada baiknya untuk segera membagi pos pengeluaran. Sebetulnya, tidak ada rumus baku yang berlaku persis untuk setiap orang mengelola gajinya. Namun, perlu diperhatikan secara bijak dan cerdas pengeluaran yang menjadi kewajiban dan prioritas.

Mengutip dari buku tersebut, "Idealnya, pengeluaran bulanan lebih kecil dari pendapatan, sehingga masih ada rencana-rencana jangka panjang yang dapat dilakukan".