Mencecap Soto Mie dari kota asalnya

Jika Anda tengah berada di Bogor, tak ada salahnya untuk menjajal soto mie yang bisa dengan mudah ditemukan di kota hujan itu.

Pedagang soto mie di salah satu sudut kota Bogor. (Laila/Alinea)

Cuaca dingin selalu melekat dengan Kota Bogor. Jika hujan turun, anginnya seperti menusuk kulit. Tapi katanya, dingin jangan dilawan! Lebih baik dinikmati dengan semangkuk soto mie khas kota hujan.

Soto mie mudah ditemukan dari jalan besar sampai sudut-sudut kota Bogor. Maklum, makanan ini menjadi ikon kota Bogor. Berbagai restoran di kota-kota besar bahkan memasukkan soto mie dalam menu andalannya. Semangkuk soto mie wajib berisikan mie kuning, kol mentah, daging, dan kroket. 

Salah satu kedai soto yang selalu ramai pengunjung yakni Soto Mie di kawasan jajanan Bogor Permai, tak jauh dari Kebun Raya dan Istana Bogor. Sumaatmaja, penjualnya adalah pria asli Bogor. Dengan ramah dan cekatan, pria yang dipanggil Suma ini tampak tak kesulitan melayani pengunjung yang tak henti datang.

Menyajikan soto mie ke dalam mangkuk menjadi ritual yang menyenangkan buat disaksikan. Suma memulainya dengan memasukkan mie kuning dan kol mentah yang sudah diiris tipis ke dasar mangkuk. Dengan segera dia mengiris daging, kikil, dan kroket garing yang kemudian dilemparkannya ke atas mie dan kol. Tak lupa, dia mengepyurkan bumbu khas berwarna merah, garam, penyedap rasa, dan bawang goreng ke atasnya.