Menitip hewan peliharaan selama libur Lebaran

Hewan peliharaan tentu sangat riskan jika ditinggal mudik. Maka, jasa penitipan hewan menjadi pilihan.

Seekor kucing di tempat pentipan hewan di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (5/4/2024). Alinea.id/Fery Darmawan

Sebelum pergi pulang ke kampung halaman, Nando punya inisiatif menitipkan kucing peliharaannya di tempat penitipan hewan di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Ia takut, jika ikut mudik, kucingnya bakal sakit dalam perjalanan.

“Saya (mudik) pakai angkutan bus, bukan mobil pribadi,” ujar Nando kepada Alinea.id di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (5/4).

Nando menitipkan kucingnya itu selama enam hari, tanggal 9 hingga 15 April. Ongkos yang harus dikeluarkannya Rp100.000. Ia mengatakan, fasilitas yang disediakan tempat penitipan hewan cukup lengkap, seperti peralatan bermain dan ruangan khusus kucing-kucing berinteraksi. Selain itu, disediakan makan dan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Menurutnya, selain memberikan fasilitas, tempat penitipan hewannya juga menyediakan obat gratis. Jika kucingnya mati, ada pula pengembalian 100% dana dan santunan. Hanya saja, dalam benak Nando, tetap ada rasa khawatir.

“Takut enggak diperhatiin, takut enggak dikasih makan, takut kabur,” ujar Nando.