Menjemput rezeki sebagai penyiar aplikasi live streaming

Penyiar aplikasi live streaming mendapatkan uang dari gift (hadiah virtual) yang dikirim pengunjung atau penontonnya.

Saat ini banyak sekali aplikasi live streaming bermunculan. Sejumlah orang memanfaatkannya untuk mencari uang. Alinea.id/Oky Diaz.

Mulanya, Pida—bukan nama sebenarnya—berprofesi sebagai sales promotion girl (SPG). Suatu hari, ia mendapat tawaran dari seseorang lewat pesan di akun Instagramnya untuk menjadi penyiar di aplikasi live streaming.

Seseorang itu merekrut Pida karena ia sering mengunggah video di Instagram. Wajah Pida yang cantik membuat orang—yang kemudian disebut sebagai agensi—tersebut tertarik mengajaknya bekerja sama.

“Itu tahun 2016. Lihat gaji lebih besar dari kerja SPG yang melelahkan. Tertarik dong,” kata Pida saat ditemui Alinea.id di Taman Yasmin, Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/6).

Selama menjadi penyiar live streaming, ia sudah mencoba aplikasi CliponYu, Kitty Live, Nonolive, Yogrt, Go Live, HereLive, Uplive, Yome Live, dan Unico Live.

Di awal kariernya sebagai penyiar di aplikasi live streaming Clipon Yu, Pida menghabiskan waktu kerja selama lima jam sehari. Ia harus bisa mengatur waktu antara berkuliah dan melakukan pekerjaannya itu.