Minum kopi pakai gula putih atau gula aren?

Makin banyak kedai kopi lokal yang menjajakan minuman kopi pakai gula aren, karena katanya lebih sehat daripada pakai gula putih biasa.

Ilustrasi/pexels.com

Kopi mempergunakan gula aren belakangan ini sedang nge-tren dijajakan berbagai kedai kopi lokal. Sebenarnya mana cara minum kopi yang lebih sehat: pakai gula pasir putih biasa atau pakai gula aren (palm sugar)? Berikut penjelasannya seperti dilansir hellosehat.com.

Perbandingan kandungan gizi antara gula putih dan gula aren

Gula putih terbuat dari tebu, sementara gula aren terbuat dari nira (cairan yang keluar dari batang pohon enau). Gula putih termasuk sumber makanan yang hanya tinggi kalori tapi gizinya minim, bahkan hampir nol, sementara gula aren ternyata diperkaya oleh beberapa mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Studi menemukan bahwa gula aren mengandung kalium, fosfor, zink, zat besi, mangan, tembaga, hingga dosis kecil antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianidin. Gula aren juga kaya akan vitamin B8 (inositol), asam folat, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2 (riboflavin) yang berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat.

Nilai glikemik gula aren lebih rendah daripada gula pasir putih biasa