Penantian panjang mencari pasangan ideal

Meski dianggap hal wajar, kecenderungan mencintai atau memilih pasangan yang ideal malah akan mendatangkan risiko.

Ilustrasi pasangan yang menikah. /Pixabay.

Pernahkah kamu berpikir untuk menghapus sebagian ingatan? Lacuna Inc bisa melakukannya kepada siapapun yang menginginkan. Tinggal mengisi formulir kesediaan menghapus ingatan, maka sebagian, atau bahkan seluruh ingatan tentang mantan kekasih, selingkuhan, guru galak, atau senior perisak, bisa raib.

Namun, jangan terburu-buru mencarinya di mesin pencarian. Sebab, Lacuna Inc hanya kisah fiktif yang ada di film "Eternal Sunshine of The Spotless Mind" (2004).

Tokoh utama di film itu, perempuan ekstrover, Clementine, menghapus ingatan terhadap kekasihnya yang introver, Joel, karena merasa tak cocok lagi dengan hubungan mereka. Sebaliknya, Joel melakukan hal serupa di kemudian hari.

Tak disangka, dalam sebuah fase kehidupan lain, mereka kembali berjumpa. Tanpa ingatan masa lalu, keduanya kembali saling mencintai. 

Film ini mungkin ingin mengatakan, bila ingatan sudah dihapus, kita masih punya kecenderungan untuk mencintai orang yang sama. Tapi, bayangkan kalau ingatan itu belum terhapus. Kita hanya akan melihat bayangan yang sama pada semua manusia baru yang kita temui.