Penggila sejarah, Ross Nochimson kolektor paspor dari New Jersey

Koleksi Nochimson tidak terbatas pada paspor saja.

Penggila sejarah, Ross Nochimson kolektor paspor dari New Jersey. Foto: Ist

Seorang profesional medis berusia 63 tahun gemar memburu paspor dan dokumen lama. Itu sudah ia lakukan selama 25 tahun. Koleksinya menarik minat banyak orang di terutama di media sosial.

Pria itu, Ross Nochimson adalah seorang penggila sejarah yang tinggal di New Jersey. Ia mengungkapkan hasratnya untuk mengoleksi dimulai sejak ia masih kecil.

“Saya sebenarnya menghadiri sebuah pesta pernikahan ketika saya berusia 11 tahun dan saya bertemu dengan seorang penyintas Holocaust yang meninggalkan Jerman pada tahun 1933 karena dia dipukuli oleh Kaus Coklat (Nazi) dan berimigrasi ke Amerika Serikat,” kata Nochimon kepada Daily Sabah dalam sebuah wawancara eksklusif.

“Dan kemudian saya mulai tertarik pada benda-benda bersejarah seperti koin dan kertas, uang dan dokumen,” kata Nochimson.

Kolektor yang mulai mengumpulkan paspor pada akhir tahun 1990an ini mengatakan bahwa pada saat itu masyarakat harus membayar pembelian secara tunai atau cek pos internasional, yang berisiko dan tidak disertai jaminan. Dia mengatakan dia menunggu sekitar lima hingga 10 tahun hingga platform penjualan digital berkembang, dan menjadi lebih mudah baginya untuk menambahkan temuan baru ke koleksinya dengan kemudahan transaksi perdagangan.