Rumah baru untuk gajah Pakistan yang kesepian

Pengawalan mengantar Kaavan ke bandara Islamabad dilakukan cukup ketat dan diperkirakan membutuhkan waktu10 jam ke Kamboja dengan pesawat.

Amir Khalil, kepala pengembangan proyek di FOUR PAWS International, dan Frank Goeritz, kepala layanan veteriner di Institut Leibniz untuk penelitian kebun binatang dan satwa liar di Berlin, mengambil sampel darah Kaavan, seekor gajah untuk diangkut ke tempat perlindungan di Kamboja, di Kebun Binatang Marghazar di Islamabad, Pakistan 29 November 2020. Reuters.Saiyna Bashir

Tim ahli hewan mengangkut seekor gajah Pakistan yang kesepian, Kaavan pada Minggu (29/11) waktu setempat, menuju Kamboja.

Momentum tersebut menjadi inspirasi penyanyi asal Amerika, Cher, untuk menulis lagu yang menyerukan agar Kaavan diselamatkan dari kondisinya yang suram dan kesepian di Kebun Binatang Islamabad.

Cher akan bertemu kembali dengan gajah tersebut setibanya di Kamboja. Setelah sebelumnya menghabiskan beberapa hari terakhir bersama Kaavan di Islamabad. 

Pada Minggu pagi, puluhan pekerja satwa liar dan ahli yang dipimpin oleh organisasi penyelamat hewan, Four Paws, menggunakan kerekan dan tali, menarik gajah yang dibius ke dalam peti yang dirancang khusus untuk diangkut ke kota Siem Reap, Kamboja.

“Ini adalah hari yang emosional bagi kami semua,” ungkap dokter hewan Four Paws, Amir Khalil. “Tapi kami juga menyebutnya sebagai D-day.”